Konsumsi 11 Buah Penurun Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau lebih dikenal dengan hipertensi merupakan penyakit yang sering menyerang orang dewasa serta para lansia. Namun, tidak menutup kemungkinan remaja dan anak muda bisa terkena penyakit ini. Berbagai kasus hipertensi yang diidap oleh anak usia remaja semakin banyak ditemukan di berbagai belahan dunia. 

Hingga sekarang, masih belum ditemukan penyebab penyakit ini bisa menyerang anak usia muda. Tetapi beberapa penelitian menyebutkan bisa saja penyakit hipertensi di kalangan anak muda datang dari faktor genetik (keturunan) atau pola hidup yang salah, atau bahkan bisa jadi karena keduanya. 

Bila sudah memiliki penyakit darah tinggi ini, biasanya dokter akan memberikan obat antihipertensi untuk mengendalikan tekanan darah. Nah, selain itu, penyakit ini bisa pula diminimalisir akibat nya, dengan mengkonsumsi 10 buah penurun darah tinggi yang akan kita ulas dibawah ini,  yuks langsung aja.

10 Buah Penurun Darah Tinggi

Semangka Buah penurun Darah Tinggi

1. Buah Semangka

Buah pertama yang kami ulas untuk dapat menurun darah tinggi adalah semangka. Semangka mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, serta L-citrulline. L-citrulline ini akan membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah akan turun.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Professor Arturo Figueroa dari Florida State University Associate, dalam jurnal yang dipublikasikan di American Journal of Hypertension mengatakan bahwa konsumsi semangka bisa menurunkan angka sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi. Semangka ini bisa kamu makan dalam bentuk buah atau dibuat jus juga nikmat.

Kiwi buah penurun darah Tinggi

2. Buah Kiwi

Buah yang punya rasa asam manis ini disebut sebagai buah yang dapat menurunkan darah tinggi yang paling ampuh. Hal tersebut karena di dalam buah kiwi terkandung 9% kalium, 7% magnesium, dan 2% kalsium. Tiga jenis mineral di atas dapat membantu menurunkan darah tinggi kamu. Tidak hanya itu, kiwi juga mengandung vitamin C yang terkenal sebagai antioksidan.

Antioksidan inilah yang akan membantu tubuh melawan radikal bebas serta mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Memakan buah buahan kiwi ini, bisa dikonsumsi dalam bentuk buah segar, jus, atau dijadikan sebagai salad buah. 

Pisang buah penurun darah tinggi

3. Buah Pisang

Salah satu buah yang mudah didapatkan dan sering ditemukan di sekitar kita adalah pisang. Pisang ini sering dijadikan sebagai pencuci mulut dalam berbagai acara. Pisang mengandung 12% kalium, 8% magnesium, serta 1% kalsium yang dibutuhkan tubuh karena bisa mengusir berbagai penyakit, salah satunya adalah dapat menurunkan tekanan darah.

Selain membuat tekanan darah stabil, pisang ini bisa menurunkan kadar hormon stres dalam darah kamu. Konsumsi pisang dalam jangka panjang juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit pikun dan stroke. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan konsumsi setidaknya 1 buah pisang setiap hari.

Alpukat buah penurun darah tinggi

4. Buah Alpukat

Selanjutnya ada buah alpukat yang tak kalah menjadi primadona di kalangan masyarakat. Alpukat mengandung banyak lemak baik, mineral, serta kaya vitamin. Setiap satu setengah alpukat mengandung 10% kalium, 5% magnesium, serta 1% kalsium yang baik untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain 3 jenis mineral di atas, alpukat juga mengandung karotenoid yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Semua kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ini terdapat di bagian bawah kulit alpukat. Oleh karena itu berhati-hatilah setiap mengerok daging buah alpukat ini. Buah alpukat bisa dimakan langsung, dijadikan jus buah, serta dicampur dengan berbagai makanan.

Buah penurun Darah Tinggi Beri

5. Berbagai jenis buah beri

Berbagai jenis beri seperti strawberry, raspberry, blueberry, serta blackberry juga sangat bagus membantu menurunkan tekanan darah. Dalam setiap buah berry, terutama blueberry terdapat kandungan senyawa flavonoid. Berdasarkan penelitian, flavonoid bisa mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) serta menurunkan tekanan darah tersebut. Selain itu, konsumsi buah beri juga bisa menjaga kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, serta menjaga kulit tetap sehat. Banyak sekali manfaat buah beri-berian ini bukan?

Anggur Buah penurun Darah Tinggi

6. Buah Anggur

Anggur merupakan buah nikmat yang dibanderol dengan harga cukup mahal. Buah anggur ini sangat bagus dikonsumsi mereka yang mempunyai riwayat penyakit darah tinggi atau hipertensi. Mengapa? Anggur kaya akan kandungan polifenol yang berguna mengontrol tekanan darah.

Polifenol ini dikenal sebagai antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, anggur juga tinggi serat dan rendah kalori. Konsumsi buah anggur secara rutin dapat mencegah munculnya sindrom metabolik, termasuk hipertensi. Anggur ini bisa kamu makan dalam bentuk buah segar, dicampur dengan salad buah, atau dijadikan sebagai jus dan smoothies.

Melon Buah penurun darah tinggi

7. Buah Melon

Rasanya manis, berair dan segar, serta nikmat dijadikan jus atau dicampur salad, apa lagi kalau bukan buah melon. Melon merupakan buah yang bisa ditemukan di sekitar kita, tentu dengan harga yang terjangkau. Melon ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam setiap melon yang kamu makan terdapat kalium yang tinggi, yaitu sebanyak 12%.

Selain tinggi kalium, sodium di dalam buah ini sangat rendah, sehingga baik untuk menurunkan tekanan darah. Melon juga bisa memperbaiki imun karena kaya akan kandungan vitamin C-nya. Manfaat lain dari melon adalah mencegah dehidrasi, memperlancar pencernaan, serta memperbaiki kadar gula dalam tubuh.

Buah penurun Darah Tinggi

8. Buah Jeruk

Buah yang merakyat dan kecintaan sejuta umat ini ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah loh. Hal tersebut terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Cleveland Clinic. Dalam penelitian ini, ada 25 partisipan yang mengkonsumsi minuman jus jeruk plus vitamin C.

Terbukti satu minggu setelahnya, tekanan darah mereka menurun jauh dari sebelumnya. Dua minggu kemudian, mereka menambah konsumsi jus jeruk, vitamin C, dan vitamin E. Hasilnya, partisipan yang tadinya punya tekanan darah tinggi berubah mempunyai punya tekanan darah yang normal. Buah yang segar satu ini nikmat dijadikan jus, dimakan langsung, atau dijadikan campuran berbagai makanan.

Delima buah penurun darah tinggi

9. Buah Delima

Harganya yang mahal membuat buah ini tidak begitu akrab dikenal masyarakat. Yap, buah delima atau pomegranate ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ada banyak sekali penelitian yang sudah membuktikan bahwa delima yang berwarna merah sangat bagus untuk kesehatan. Salah satunya adalah penelitian yang terpublikasi dalam Plant Foods for Human Nutrition. Salah satu hasil penelitian ini menyebut bahwa konsumsi jus delima selama 4 minggu berturut-turut bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik serta membuatnya kembali stabil. Hal tersebut karena delima mengandung kalium dan polifenol.

10. Buah Bit

Pernah mendengar nama buah bit? Buah satu ini memang tidak sepopuler jeruk atau semangka, tapi punya khasiat yang dapat menurunkan tekanan darah. Berdasarkan penelitian oleh Queen Mary University of London, buah bit mengandung nitrat sehingga dapat meningkatkan kadar gas nitrat oksida di dalam sirkulasi darah yang berfungsi membantu menjaga kesehatan jantung. Konsumsi buah bit ini juga bisa dalam berbagai sajian, mulai dari jus buah, dimakan bersama sereal, atau bahkan ditambahkan ke dalam salad buah.

11. Buah Tomat

Ini dia buah yang dikenal di tengah masyarakat sebagai obat penurun hipertensi. Salah satu riset menyatakan kandungan kalori yang rendah pada tomat adalah sebesar 18 kalori per 100gr. Kandungan Kalium dari buah tomat sanggup melebarkan arteri sehingga aliran peredaran darah ke organ tubuh vital lebih lancar dan juga menjaga tensi darah lebih stabil. Dikutip dari riset Food Science & Nutrition, terdapat kemungkinan manfaat buah tomat yang terdiri dari antioksidan, karotenoid, lycopene, dan juga kalium yang mempunyai peran dalam tubuh sebagai penurun tekanan darah tinggi serta memelihara kesehatan jantung.

Jadi, mengkonsumsi buah buahan secara rutin memang merupakan cara untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan menjaga tekanan darah. Kamu bisa memulai konsumsi buah yang mudah didapat dengan mudah, seperti pisang, jeruk, atau semangka. Jika bisa menerapkan pola hidup sehat sejak dini, mengapa tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button