Berikut Cara Mengatur Pola Makan Saat Diet

Tak bisa dihindari, ragam kuliner lezat nan unik yang bertebaran di dunia nyata dan maya menjadi pemicu untuk terus mengkonsumsi makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh. Akhirnya, konsumsi makanan tak sehat membuat berat badan semakin berat ke kanan. Inilah yang membuat banyak orang melakukan berbagai macam diet yang sebenarnya belum tentu baik bagi tubuh mereka, mulai dari diet tanpa nasi selama berbulan-bulan hingga olahraga ekstrim tanpa mencukupi asupan gizi seimbang. Padahal, hanya dengan mengatur pola makan sehat, berat badan ideal mudah didapat.

cara mengatur pola makan saat diet

Pemilihan makanan yang tepat untuk tubuh

Yang menyebabkan berat badan mudah naik ialah konsumsi kalori yang berlebihan. Padahal konsumsi kalori harian harus seimbang disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin. Asupan kalori dibagi menjadi 5 kelompok, yakni anak usia 1-6 tahun dengan 1.350-1.400 kalori, 7-9 tahun dengan 1.650 kalori, remaja dengan 2.000-2.500 kalori, dewasa dengan 2.550-2.650 kalori, dan wanita hamil menyusui dengan 2.850 kalori.

Untuk mendapatkan perhitungan total kalori yang dikonsumsi, kalian dapat mengecek lewat aplikasi smartphone yang kini mudah didapatkan. Selain mencukupi kebutuhan kalori, beberapa makanan wajib dikonsumsi secara berselingan agar mendapat hasil yang maksimal, seperti konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu, yoghurt, keju, ikan, daging, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan macam makanan sehat lain.

Mengatur jadwal makan dan tak membiarkan tubuh kelaparan

Setiap hari, tubuh berproses untuk mengolah makanan yang kita konsumsi. Dengan membiasakan mengatur jadwal makan, tubuh akan mudah memproses apa yang kita makan. Saat pola makan berubah setiap hari, maka keseimbangan tubuh tak terjaga.

Biasakan untuk makan di waktu pagi, siang dan malam hari atau siang dan malam hari pada waktu yang sama. Ini sangat membantu proses pencernaan dalam tubuh bekerja dengan baik. Selain itu, biasakan makan tidak dalam keadaan lapar berlebihan. Ini akan membuat kita ingin makan banyak tanpa memperhatikan nilai gizinya.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan hindari konsumsi alkohol

Tubuh kita terdiri dari 80% cairan yang artinya tubuh perlu banyak asupan makanan yang memiliki kadar air tinggi. Selain konsumsi 8 gelas air putih per hari, beberapa makanan bisa kamu konsumsi untuk memenuhi cairan tubuh seperti, buah semangka, stroberi, blewah, jeruk, timun, tomat, dan air kelapa. Meskipun alkohol memiliki kadar air, alkohol justru memiliki kadar kalori tinggi yang dapat menggagalkan diet kamu. Bahkan, alkohol membuat tubuh tidak terhidrasi dengan baik dan justru meningkatkan nafsu makan.

Sarapan dengan buah dan sayur serta hindari konsumsi gula dan garam berlebihan

Sayur dan buah mengandung serat yang dapat memperlancar proses pencernaan makanan, sehingga makanan tidak terproses dengan baik dan tidak mengendap dalam tubuh. Sistem pencernaan yang lancar juga dapat mempercepat proses diet berhasil.

Artikel lainnya:  5 Manfaat Sayuran: Terutama Untuk Tubuh

Pasalnya, saat makanan dikeluarkan, racun-racun dalam tubuh ikut keluar. Sementara, konsumsi gula dan garam tidak boleh berlebihan karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung. Hindari makanan terlalu manis atau gurih. Biasanya makanan manis dan gurih membuat tubuh mudah lapar dan ingin terus makan. Inilah yang menghambat proses diet seseorang.

Itulah beberapa cara mengatur pola makan saat diet. Keberhasilan diet juga ditentukan oleh kedisiplinan melaksanakan program. Program diet yang berhasil bukanlah dalam waktu singkat dan angka yang besar, melainkan waktu yang terus menerus dan berkala.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button