Metode Diet Keto, Benarkah Efektif?

Diet keto adalah salah satu metode diet yang semakin populer di kalangan anak muda. Tidak hanya digunakan untuk menurunkan berat badan, diet keto juga dianggap mampu menghambat perkembangan kanker, mencegah peradangan pada asam urat, dan berbagai tujuan kesehatan lainnya. Selama tetap mengikuti ketentuan diet keto yang benar, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup, tubuh langsing juga bisa kamu dapatkan.

Metode diet keto mengharuskan seseorang untuk mengkonsumsi lebih banyak lemak daripada karbohidrat. Persentase standar konsumsi lemak ialah 75%, 20% untuk protein, dan karbohidrat sebesar 5%. Konsumsi lemak yang tinggi pada diet keto bertujuan agar tubuh masuk ke kondisi ketosis. Ketosis ini nantinya akan menyebabkan tubuh membakar lemak dan menjadikannya sumber energi paling utama.

diet keto adalah

Apakah diet keto efektif?

Banyak orang telah melakukan diet keto dan menikmati hasilnya. Metode diet ini juga dianggap efektif dalam menjaga kesehatan tubuh, karena sudah terbukti mampu mengatasi beberapa permasalahan, seperti:

  • Meminimalisir risiko penyakit jantung

Konsumsi lemak sehat secara konsisten dalam jumlah tinggi dipercaya mampu mengurangi kadar insulin dalam tubuh, sehingga produksi kolesterol pun juga alami penurunan. Hal ini meminimalisir risiko tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit jantung.

  • Mencegah gangguan sistem saraf

Keton yang dihasilkan selama diet keto akan mengurai lemak menjadi sumber energi. Ini mencegah terjadinya kerusakan pada sel otak. Selain itu, diet keto dapat mengatasi gangguan tidur, Alzheimer, bahkan Parkinson.

  • Mengendalikan gula darah

Seperti yang kita tahu, penderita diabetes wajib mengontrol gula darahnya agar tidak semakin parah. Diet keto adalah diet yang sering disarankan untuk penderita diabetes tipe 2, karena program diet ini mengharuskan orang untuk mengonsumsi lemak sehat, yang nantinya dapat membantu mengendalikan gula darah.

  • Mengurangi gejala epilepsi

Dalam sebuah penelitian, 150 anak penderita epilepsi diminta menjalankan program diet keto selama satu tahun. Setidaknya setengah dari anak-anak tersebut berkurang frekuensi kejangnya hingga 50%. Dari penelitian inilah, banyak yang menyimpulkan bahwa diet keto cukup efektif mengurangi gejala epilepsi pada penderita, terutama usia anak-anak.

Tips menjalankan diet keto agar efektif

Tentunya dalam menerapkan program diet apapun, kita akan dituntut untuk disiplin dengan aturan dan ketentuannya. Seperti halnya diet keto, program diet lain juga berisiko mengganggu kesehatan tubuh apabila tidak dilakukan secara benar atau berlebihan. Jika kamu berniat ingin menjalankan program diet keto, berikut beberapa tips yang perlu diketahui terlebih dulu supaya diet keto efektif.

  • Pelajari ketentuan diet keto

Sebelum memulai, kamu wajib mempelajari semua ketentuan pelaksanaan diet keto, seperti misalnya menu makanan yang dianjurkan ataupun yang tidak boleh dikonsumsi, jangka waktu pelaksanaannya, dll. Ketahui juga resiko dari diet keto apabila tidak dilakukan dengan benar sebagai pengingat.

  • Dalam pengawasan dokter

Apabila kamu memiliki penyakit tertentu, sangat disarankan untuk selalu dalam pengawasan dokter ketika menjalani diet ini. Bagi penderita penyakit tertentu, bisa jadi tidak mengonsumsi karbohidrat yang cukup akan berbahaya bagi kesehatannya.

  • Pahami manfaat yang akan didapatkan

Sebagai motivasi, ketahui berbagai manfaat dari diet keto. Tidak hanya untuk menurunkan badan, diet keto juga dapat menjaga kesehatan tubuh.

  • Kuatkan niat dan konsisten

Menjalani diet apapun akan terasa sulit jika dilakukan tanpa niat dan alasan yang kuat. Oleh karena itu, kamu harus memiliki motivasi yang kuat untuk melakukan diet keto.

  • Tidak memaksakan diri

Apabila di tengah perjalanan diet keto, tubuhmu drop atau mengalami gejala kekurangan gizi, lebih baik berhenti dan tidak memaksakan diri. Kesehatanmu yang harus menjadi prioritas.

Artikel lainnya:  7 Makanan Pilihan Pengganti Nasi saat Diet

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button