Pentingnya Konsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Sehari-hari

Kamu tentu sudah sering sekali mendengar istilah menu makanan 4 sehat 5 sempurna bukan? Konsep ini diperkenalkan oleh Prof. Poorwo Soedarmo sejak tahun 1955 sebagai pola makan yang benar. Menu makanan 4 sehat 5 sempurna sendiri berisi pembagian sumber nutrisi makanan, yaitu makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan, serta disempurnakan dengan susu. Dalam 4 sehat 5 sempurna ini sudah terkandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Nah, di masa sekarang ini, seiring dengan kemajuan penelitian terkait gizi seimbang, apakah pola makan seperti ini masih dibutuhkan? Simak ulasan berikut sampai selesai ya!

makanan 4 sehat 5 sempurna

Apa itu pola makanan 4 sehat 5 sempurna?

Makanan 4 sehat 5 sempurna dinilai sebagai salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat dengan memenuhi zat gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti mineral, karbohidrat, protein, dan lain-lain. Berikut elemen yang masuk dalam kategori makanan 4 sehat 5 sempurna.

Nasi sebagai makanan 3 sehat 5 Sempurna

1. Nasi atau makanan pokok

Ada beberapa jenis makanan pokok yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Di antaranya Nasi, Jagung, Sagu, Singkong, Gandum, serta umbi-umbian lain. Makanan tersebut merupakan sumber karbohidrat yang berperan memberikan energi untuk tubuh. Namun, kebiasaan makan nasi putih sekarang banyak dialihkan kepada nasi merah. Melansir hellosehat.com, setiap satu cup beras merah mengandung 4.5 gram protein, 218 kalori, 3.5 gram serat, 1.8 gram lemak, serta 45.8 gram karbohidrat. Dalam porsi yang sama, beras putih mengandung 4.4 gram protein, 242 kalori, 0.6 gram serat, 0.4 gram lemak, dan 53.2 gram karbohidrat. Selain itu, khusus nasi merah, makanan ini mengandung antioksidan, vitamin B6 (untuk menjaga kesimbangan hormon serotonin dan memproduksi sel-sel DNA) dan mampu memerangi kolesterol jahat.

2. Lauk pauk

Ada berbagai lauk pauk yang bisa kamu konsumsi sebagai pelengkap makanan pokok. Lauk ini merupakan sumber protein, yang fungsinya menjaga kekebalan tubuh, serta memperbaiki kembali sel tubuh yang rusak. Berikut ini beberapa menu lauk yang wajib kamu konsumsi:

Artikel lainnya:  5 Tips Cara Menjaga Stamina Tubuh di Tengah Aktivitas

Daging ayam, sapi, kambing, serta ikan

Daging merupakan sumber protein hewani yang bisa didapatkan dari sapi, ayam, kambing serta ikan. Daging paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah ikan dan ayam. Ikan banyak mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan asam lemak omega 3 yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Selain ikan, ayam juga merupakan lauk yang bisa ditemukan dengan mudah, dalam berbagai macam olahan masakan. Akan tetapi, meski mengandung protein hewani, kamu tidak disarankan memakan ayam setiap hari. Hal tersebut juga bisa berdampak pada kesehatan, karena bagian usus dan hati ayam juga banyak mengandung lemak.

Telur

Telur merupakan lauk yang kandungan protein hewaninya cukup tinggi. Protein inilah yang berfungsi membangun jaringan otot. Telur kaya akan zat magnesium yang dapat mengatur pH tubuh kita.

Tahu dan tempe

Tahu dan tempe adalah dua makanan paling favorit orang Indonesia. Selain harganya terjangkau di kantong, membuat hidangan dengan bahan baku tempe juga sangat mudah. Tahu dan tempe diketahui kaya akan kandungan asam amino yang baik bagi tubuh. Tahu dan tempe juga diminati karena bisa diolah dalam berbagai macam masakan, mulai digoreng, sambal, tumis, hingga dijadikan campuran untuk sayuran.

3. Sayur mayur

Makanan yang tak kalah pentingnya dalam list menu makanan 4 sehat 5 sempurna adalah sayur-sayuran. Sayuran yang direkomendasikan untuk sering dikonsumsi adalah sayuran hijau (kangkung, bayam, daun singkong, sawi, brokoli, daun katuk, dan lain-lain) karena mengandung antioksidan yang berguna menghindari kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Makan sayur juga bisa menangkal berbagai jenis penyakit yang akan singgah ke dalam tubuhmu. Selain sayuran hijau ada sayur berwarna (tomat, wortel, kubis, labu-labuan, kacang panjang, dan lain-lain) yang bagus untuk lambung, melawan sel kanker dan menangkal penyakit urologi. Nah, sebagai tips khusus, pilihlah sayur organic karena ia tidak mengandung bahan-bahan kimia yang bisa merusak vitamin di dalam sayur. Selain itu, saat memasak, hindari memasak sayuran terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.

4. Buah-buahan

Makanan sehat lainnya adalah buah-buahan. Dalam setiap buah yang kamu makan terdapat mineral, vitamin, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan energic. Tiap warna buah melambangkan kandungan nutrisi berbeda. Contohnya, buah yang berwarna kuning banyak mengandung vitamin C, yang berfungsi mencegah kanker, memperlancar metabolisme, serta menurunkan tekanan darah. Sedangkan buah yang berwarna hijau kaya akan folat, beta karoten, kalsium dan vitamin C. Buah-buah hijau bagus untuk membantu menurunkan kolesterol, pencernaan, serta menangkal radikal bebas.

Artikel lainnya:  Manfaat Batang Sereh untuk Tulang dan Kesehatan Tubuh

5. Susu sebagai pelengkap

Terakhir, elemen 5 sempurna adalah susu. Dalam setiap satu gelas susu yang kamu minum terdapat lemak, vitamin, protein, dan mineral. Nutrisi tersebut membantu kamu agar lebih berenergi dan baik untuk kesehatan tulang. Tak hanya susu sapi saja, sekarang ada beragam jenis susu yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Misalnya, susu kambing, susu kuda, susu kedelai, bahkan susu almond.


Pentingnya pola makanan 4 sehat 5 sempurna untuk kesehatan tubuh

Pola makan yang sehat hendaklah diterapkan dalam setiap keluarga. Pola makan sehat akan membuat setiap individu tahan terhadap berbagai serangan penyakit dan tidak akan kekurangan gizi. Pola makan sehat ini perlu dibiasakan sejak anak-anak. Ada banyak sekali manfaat yang akan kamu rasakan, di antaranya:

1. Mencegah terjadinya kekurangan gizi

Ada banyak sekali anak-anak di Indonesia yang stunting ( tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya ) akibat tidak terpenuhinya gizi dalam makanan yang mereka makan. Tentu saja hal tersebut akan mengancam tumbuh kembang anak. Tidak hanya secara fisik, kurang gizi juga bisa berdampak terhadap psikis dan perkembangan otak. Makanan 4 sehat 5 sempurna akan membantu anak mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

2. Membantu pertumbuhan tubuh dan tulang

Jika sejak kecil anak sudah diberikan makanan yang sehat, maka tumbuh kembang tubuh dan tulangnya juga akan optimal. Makanan 4 sehat 5 sempurna juga membantu tulang akan lebih kuat. Syaratnya, semua elemen seperti mineral, karbohidrat, multivitamin, serta protein terpenuhi dengan lengkap.

3. Mengontrol kelebihan berat badan

Masalah yang sering dialami oleh anak tidak hanya kekurangan gizi saja, tetapi juga kelebihan berat badan. Obesitas ini bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi tidak dikontrol dengan baik. Sehingga, apapun yang anak inginkan bisa ia makan. Obesitas bisa datang dari minuman berwarna, gorengan, serta kekurangan serat.

Gizi Seimbang makanan 4 sehat 5 sempurna


Istilah 4 sehat 5 sempurna dan pedoman gizi seimbang

Pada tahun 2017 lalu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengganti istilah 4 sehat 5 sempurna ini dengan Pedoman Gizi Seimbang (PGS). hal ini dilakukan sebagai langkah menyesuaikan kemajuan pada penelitian mengenai gizi seimbang. Namun, pedoman gizi seimbang juga tidak jauh berbeda dari konsep makanan 4 sehat 5 sempurna, hanya ditambah tiga poin tambahan sebagai pelengkap. Dalam pedoman gizi seimbang ini ada beberapa pilar prinsip, yakni sebagai berikut:

Artikel lainnya:  Berikut Cara Mengatur Pola Makan Saat Diet

1. Mengkonsumsi berbagai makanan

Makanan yang dikonsumsi di sini tak lain yang mengandung berbagai macam jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya, ikan yang mengandung protein akan tetapi sedikit serat, lalu sayur mayur yang kaya serat dan vitamin tetapi sedikit protein dan lemak.

2. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat

Terbiasa dengan hidup yang bersih akan membuat kita terbebas dari berbagai kuman penyebab penyakit. Pola hidup bersih ini penting banget untuk diterapkan lho, karena semakin banyak penyakit yang datang, semakin susah pula kebutuhan gizi terpenuhi sempurna. Perilaku hidup sehat bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti mencuci tangan sebelum makan, memakai alas kaki saat keluar rumah, serta menutup makanan agar tidak dihinggapi lalat.

3. Melakukan aktivitas fisik

Bergerak dan berolahraga akan membantu kamu membakar kalori di dalam tubuh. Dengan begitu, berat badan juga dapat terkendali dengan baik. Selain itu, aktif secara fisik bisa mencegah stres, membuat tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan kesehatan otak. Aktivitas fisik dikatakan cukup apabila sudah dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Kamu bisa memulai dengan jogging, berenang, zumba, atau bersepeda.

4. Mempertahankan berat badan yang ideal

Seseorang dikatakan sehat apabila ia mempunyai berat badan yang ideal, tidak terlalu gemuk dan tidak pula terlalu kurus. Berat badan yang berlebih bisa mendatangkan berbagai macam penyakit, seperti jantung, diabetes, sleep apnea, serta stroke.

Berikut ini cara yang tepat menghitung berat badan ideal:

  • Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen]
  • Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen]

Contoh:
Untuk pria, jika kamu memiliki tinggi badan 180 sentimeter, cara menghitungnya adalah (180-100)-[(180-100)x10%], 80-8= 72. Jadi, berat badan ideal kamu adalah 72 kilogram.

Sedangkan, jika kamu seorang wanita dengan tinggi badan 158, cara menghitungnya adalah (158-100)-[(158-100)x15%), 58-8,7= 49,3. Jadi, berat badan kamu adalah 49,3 kilogram.

Jadi guys, konsumsi nutrisi yang lengkap memang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Namun, pola hidup bersih, aktif bergerak, serta menjaga berat badan juga harus dilakukan. Jika pola makan dan hidup sehat sudah kamu terapkan, tidak akan ada penyakit yang bisa hinggap di tubuhmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button