6 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kiwi

Manfaat buah kiwi

Kiwi atau dikenal dengan nama latin Actinidia deliciosa merupakan buah yang berasal dari daratan China yang mulai dibudidayakan pada abad ke 20 di Selandia Baru. Buah kiwi berbentuk seperti telur ayam, berkulit cenderung kusam dan agak kasar, warna daging buahnya berwarna hijau. Rasa buah kiwi ini manis asam dan segar, sehingga ia populer dijadikan salad dan jus buah. Ternyata, di balik bentuknya yang mungil, buah ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan

Rasa kiwi yang segar membuat ia cocok dicampur dengan berbagai makanan, mulai dari yoghurt, salad, smoothies, es, dijadikan campuran kue, hingga puding. Kiwi juga merupakan sumber nutrisi karena kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, kalsium, kalium, serta asam amino. Buah ini adalah sumber serat yang mengandung antioksidan. Buah yang kaya nutrisi ini baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi buah kiwi.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Untuk kamu yang sering mengalami masalah susah tidur, kamu bisa menjadikan kiwi sebagai camilan. Kandungan hormon serotonin yang terdapat di dalam buah ini berperan untuk membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, serotonin ini juga meningkatkan daya ingat serta fungsi kardiovaskular. Kelebihan hormon serotonin sendiri sering dikaitkan dengan gangguan mood dan depresi.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kiwi bisa berperan sebagai prebiotik yaitu zat yang meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus (yaitu bakteri lactobacilli dan bifidobacteria). Bakteri usus inilah yang menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi serta irritable bowel syndrome (IBS). Hanya saja, probiotik ini hanya bertahan selama kamu mengonsumsi kiwi.

3. Membantu meredakan asma

Kiwi kaya akan antioksidan dan vitamin C yang bisa meredakan gejala asma. Konsumsi kiwi secara teratur bisa meningkatkan perbaikan kondisi organ paru-paru. Bagi kamu yang sering menderita sesak napas atau mengi, kiwi ini bisa kamu masukkan ke dalam menu harian kamu.

4. Menurunkan tekanan darah dan resiko penyakit jantung

Manfaat buah kiwi yang tak kalah bagus adalah bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini terbukti dari sebuah penelitian yang menyatakan bahwa di dalam buah kiwi terdapat senyawa bioaktif yang bisa menjaga tekanan darah tetap stabil. Itu artinya, kiwi juga bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, mulai dari stroke hingga penyakit jantung.

5. Mencegah pembekuan darah

Berdasarkan penelitian Asim K.D dan Aud J, konsumsi buah kiwi secara signifikan bisa menurunkan resiko pembekuan darah. Pembekuan darah ini sendiri bisa berdampak pada berbagai macam penyakit berbahaya, seperti jantung dan stroke. Buah kiwi mampu mengurangi kadar lemak di dalam darah. Efek nutrisi kiwi ini disamakan dengan aspirin yang berfungsi meningkatkan daya kerja jantung.

6. Mencegah penurunan fungsi mata

Buah kiwi ternyata juga bagus untuk meningkatkan fungsi mata. Semakin bertambahnya usia, ada gangguan penglihatan (penurunan fungsi mata) yang disebut dengan degenerasi makula. Degenerasi makula inilah yang menjadi penyebab utama kebutaan. Namun, dengan rajin konsumsi kiwi, kandungan nutrisi zeaxanthin dan lutein buah ini mampu meningkatkan fungsi mata.

Kiwi buah penurun darah Tinggi

Akan tetapi, di balik manfaat dan kandungan nutrisinya di atas, kiwi bisa membuat alergi bagi sebagian orang. Reaksi alergi ini bisa berupa gatal-gatal pada kulit, gatal pada tenggorokan, bengkak pada bibir, mual dan rasa ingin muntah, serta ruam-ruam pada kulit. Untuk kamu yang ingin konsumsi buah ini pertama kalinya –terutama anak-anak— disarankan untuk waspada. Kamu boleh mencoba sedikit dulu, lalu melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak. 

Artikel lainnya:  Konsumsi 11 Buah Penurun Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button