Sekian Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan manfaat buah melon. Melon merupakan buah yang masuk dalam suku labu-labuan (cucurbitaceae). Tanaman ini tumbuh dengan merambat dan menjalar, daunnya berbentuk menjari serta punya tekstur daging buah yang lembut, berair, dan punya beragam warna, mulai putih sampai orange.

Punya rasa yang manis dan segar karena 95 persen mengandung air, ternyata melon juga punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Simak ulasan berikut ini untuk lebih lengkapnya.

7 Manfaat Buah Melon Yang Perlu diketahui

7 Manfaat buah melon

  • Memperlancar pencernaan

Manfaat pertama dari melon adalah membantu mengatur pencernaan. Hal ini karena kandungan seratnya. Konsumsi buah melon bisa mengurangi masalah pencernaan, seperti sembelit dan susah buang air. Selain itu, melon merupakan buah yang rendah kalori. Sehingga, konsumsi melon mampu menurunkan jumlah kolesterol secara keseluruhan. Karena hal ini pula, melon bagus untuk dijadikan asupan diet.

  • Melon bagus untuk kesehatan jantung

Salah satu manfaat lain melon adalah bagus untuk kesehatan jantung. Melon jingga atau lebih dikenal dengan nama cantaloupe mengandung banyak sekali air. Ketika kamu rajin mengkonsumsi melon ini, kandungan air di dalam buah akan membantu tubuh terhidrasi, sehingga tugas jantung akan terasa lebih ringan. Kandungan serat yang tinggi dalam melon juga mengurangi resiko terkena serangan jantung.

  • Bagus untuk kesehatan tulang

Salah satu manfaat melon yang sering dilupakan adalah buah ini bagus untuk kesehatan tulang. Melon kaya akan kandungan vitamin K. Selain itu, ada pula kandungan lain seperti magnesium dan folat yang merupakan menjadi komponen utama untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang kamu.

Manfaat buah melon untuk cegah penuaan dini

  • Mencegah penuaan pada kulit

Siapa sih yang tidak mau punya kulit sehat? Salah satu cara mendapatkan kulit yang sehat adalah melalui asupan gizi yang cukup. Konsumsi melon bisa membuat kulitmu sehat juga menunda penuaan dini. Melon mengandung Vitamin K dan vitamin E, sehingga mampu membuat kulit bercahaya. Tak hanya itu, kandungan air yang ada pada melon mampu menghidrasi kulit dari dalam. Sedangkan vitamin B, betain dan kolin akan membantu kulit tetap segar. Terakhir, ada vitamin C yang  mendorong proses regenerasi kulit, pembentukan kolagen, serta jaringan ikat yang memberi kesan awet muda.

  • Menurunkan tekanan darah

Manfaat lain buah melon adalah membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga, cocok dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi. Penyakit darah tinggi sendiri disebabkan tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Penyakit ini sendiri bisa mendatangkan berbagai macam penyakit komplikasi lain, salah satunya stroke. Melon baik untuk penderita hipertensi karena kandungan natrium-nya yang rendah namun tinggi akan kalium.

  • Menjaga sistem imun tubuh

Buah melon kaya akan vitamin C, yang fungsi utamanya sebagai antioksidan. Antioksidan ini sendiri menjaga tubuh dari serangan berbagai virus yang menyebabkan penyakit. Sehingga, tubuh akan kebal terhadap berbagai serangan dan infeksi virus.

  • Menjaga mata agar tetap sehat

Buah melon kaya akan kandungan vitamin A yang bagus untuk  kesehatan mata. Konsumsi buah melon secara teratur dapat mencegah kelainan mata seperti katarak, degenerasi makula, serta menjauhkan mata dari sinar radiasi.

Selain itu, dalam melon mempunyai kandungan lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah penyakit rabun pada usia dini. Salah satu melon yang bisa kamu konsumsi adalah jenis honeydew yang banyak beredar di pasaran.

 Nah, konsumsi melon sendiri bisa dengan banyak cara. Kamu bisa menikmati melon dalam bentuk buah segar, menjadikan jus buah, atau bahkan dicampur sebagai salad dan smoothies.

Artikel lainnya:  7 Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button