Trending

9 Manfaat Sayuran Organik, Apa Saja?

Menjalani hidup sehat itu sebenarnya mudah. Salah satu caranya adalah mengonsumsi sayur organik yang punya banyak gizi di dalamnya. Kalau kamu masih ragu untuk mengonsumsinya sebagai asupan sehari-hari, ini ada sejumlah manfaat sayur organik yang bisa jadi bahan pertimbangan.

manfaat sayuran organik
Sayuran Organik

Manfaat sayuran Organik

1. Lebih segar dari sayur biasa

Manfaat sayur organik yang pertama adalah lebih segar daripada sayur biasanya. Itu semua dikarenakan sayur jenis ini tidak menggunakan bahan pengawet dalam bentuk apapun. Sehingga, tidak akan merusak rasa serta kualitas dari sayur.

2. Tubuh pengonsumsi tidak akan terkena bahan kimia berbahaya

Masih membahas tentang tak adanya bahan pengawet, sayur jenis ini tidak akan membuat tubuh manusia terkena bahan kimia berbahaya. Pasalnya, bahan kimia dari pengawet tersebut bisa membuat efek buruk pada pengonsumsinya. Misalnya saja seperti masalah pencernaan, bisa diare atau mungkin infeksi.

3. Banyak mengandung zat-zat bermanfaat

Sayuran organik punya banyak sekali zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh. Antara lain vitamin c, zinc, dan juga zat besi. Menariknya, sayuran satu ini lebih sedikit kandungan nitrat yang biasanya ada di dalam sayur alami. Menurut beberapa penelitian, sayuran yang mengandung nitrat kemungkinan bisa meningkatkan risiko penyakit kanker tertentu.

4. Bisa memperkuat sistem imun

Kalau sayur biasa, dalam penanamannya pasti dilakukan modifikasi genetik untuk mendapatkan hasil yang baik. Hal ini sangat berbeda dengan sayuran organik yang tidak mengalami modifikasi genetik, sehingga semua zat dalam sayur bisa diserap oleh tubuh dengan baik. Dari sana, secara tidak langsung, imun si pengkonsumsi sayur organik akan lebih kuat.

Artikel lainnya:  Pentingnya Konsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Sehari-hari

5. Meningkatkan pertumbuhan otak

Manfaat sayuran organik lainnya ada meningkatkan pertumbuhan otak. Itu semua disebabkan tidak adanya modifikasi genetik yang dapat membuat DNA dari sayuran berubah. Oleh karenanya, sayuran sehat satu ini akan lebih baik dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

6. Rasanya lebih enak

Tak perlu khawatir soal rasa, karena sayur organik punya rasa yang enak lho. Alasannya karena tidak adanya campuran bahan kimia saat ditanam. Hal ini tentu bisa membuat siapa saja menjadi lebih lahap saat menyantapnya. Bahkan, sayur ini juga terbukti lebih renyah daripada sayur yang ditanam biasa.

7. Lebih mudah untuk diolah

Seperti yang sudah disebutkan tadi, rasa dari sayuran ini sangatlah enak. Maka dari itu, sayuran organik mudah untuk diolah tanpa harus diberi bumbu yang berlebihan. Bahkan, untuk dimakan secara mentah pun juga tetap enak, kok. Namun tergantung dari jenis sayurannya, ya. Apakah bisa dikonsumsi secara mentah atau tidak.

8. Sangat ramah lingkungan

Sayur organik ternyata juga mempunyai efek baik untuk alam sekitar. Apalagi kalau bukan ramah lingkungan. Ini karena tidak adanya pestisida dan bahan-bahan kimia lainnya selama proses penanaman. Alhasil, tidak menimbulkan polusi pada tanah, udara, dan juga efek buruk bagi kesehatan petaninya.

9. Umur penyimpanan yang lebih lama

Siapa sangka, sayuran organik ternyata mempunyai umur penyimpanan yang lebih lama. Jadi, bagi kamu yang ingin menghemat budget, bisa banget untuk membeli sayur-sayuran jenis ini. Ya walaupun harganya lebih mahal, tapi kalau keunggulannya seperti ini, tak perlu pikir panjang lagi. 

Manfaat sayuran organik ini memang sangat banyak. Baik bagi kesehatan sampai dengan rasanya yang dijamin lebih enak. Namun, untuk kamu yang mengonsumsi sayuran satu ini, tetap harus menjaga kebersihannya. Caranya adalah sebelum memasak, sayuran wajib dicuci terlebih dulu dengan air mengalir, ya.

Artikel lainnya:  Manfaat Batang Sereh untuk Tulang dan Kesehatan Tubuh

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button