7 Manfaat Sereh untuk Diet, Apa Saja Ya?

Proses untuk menurunkan berat badan ada banyak sekali caranya. Salah satunya adalah dengan menggunakan sereh (air rebusan nya bisa kamu jadikan teh atau dicampur dengan jeruk nipis) yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan. Siapa sangka, kalau ternyata ada banyak sekali manfaat sereh untuk diet. Contohnya saja seperti beberapa list di bawah ini.

7 manfaat sereh untuk diet

Manfaat Sereh untuk Diet

  1. Dapat mengurangi rasa lapar

    Manfaat pertama dari sereh ini adalah dapat mengurangi rasa lapar. Selain itu, juga bisa menimbulkan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama menurut beberapa penelitian. Dengan begini, penurunan berat badan yang dilakukan akan jauh lebih maksimal. Lalu, kemungkinan besar akan jauh lebih cepat mendapatkan berat badan yang ideal.

  2. Bisa meningkatkan metabolisme serta membakar lemak

    Ada lagi manfaat sereh untuk diet yang juga menakjubkan. Adalah bisa meningkatkan metabolisme yang membuat sistem pencernaan jauh lebih lancar, sehingga mencegah penumpukan lemak tak baik yang ada pada tubuh. Selain itu, sereh juga bisa membakar kalori lebih cepat karena adanya kandungan kafein di dalamnya.

    Kemudian, sereh juga termasuk ke dalam makanan termogenik yang bisa meningkatkan suhu tubuh sekaligus bisa membakar lemak. Semua itu sudah teruji dan telah dijelaskan secara rinci di American Journal of Clinical Nutrition 2013.

  3. Mengandung Antioksidan

    Kemudian, sereh juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh, lho. Bagi yang belum tahu, antioksidan ini berfungsi untuk membantu proses pembuangan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga, zat yang tidak perlu akan terbuang dan bobot tubuh bisa menjadi lebih ringan. Apabila kamu ingin merasakan manfaat antioksidannya, bisa rebus sereh dan konsumsilah airnya secara teratur.

  4. Mengurangi peradangan yang ada pada tubuh

    Sereh juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Dilansir dari sejumlah penelitian di tahun 2010, kalau sereh mempunyai senyawa bernama citral yang berfungsi untuk menghentikan pertumbuhan asam yang dapat menyebabkan peradangan. Di mana peradangan ternyata bisa membuat zat pengendali berat badan menjadi kurang aktif.

  5. Dapat mengurangi kolesterol

    Sereh juga mampu mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam darah, seperti LDL dan VLDL yang merupakan jenis kolesterol jahat. Apabila kolesterol tetap menumpuk, maka tubuh bisa saja mengalami obesitas. Nah, obesitas ini juga berpengaruh kepada kesehatan, seperti memicu tekanan darah tinggi yang juga akan berdampak pada gangguan jantung. Parahnya, gangguan jantung sering kali tidak memiliki ciri-ciri dan suka menyerang secara tiba-tiba.

  6. Memberi bantuan gastrointestinal

    Ada lagi manfaat yang tidak kalah menarik, yaitu memberi bantuan gastrointestinal. Maksudnya adalah sereh dapat membantu mengatasi masalah pencernaan apapun. Seperti rasa ingin muntah, maag, dan lain sebagainya. Alhasil, pencernaan akan menjadi lebih baik dan proses penurunan berat badan akan menjadi lebih optimal.

  7. Menekan pertumbuhan kortisol

    Manfaat sereh untuk program diet lainnya ada menekan pertumbuhan kortisol. Bagi yang belum tahu, kortisol merupakan sebuah hormon steroid yang dibutuhkan untuk mobilisasi dan mengatur energi. Nah, kortisol ini akan meningkat apabila terjadi stres kronis. Hal tersebut akan mengakibatkan lemak perut yang berlebih dan tentunya membuat berat badan menjadi bertambah.

Itulah beberapa manfaat sereh untuk diet. Mulai dari bisa menurunkan rasa lapar sampai dengan menekan pertumbuhan kortisol. Jadi, rebusan batang serai sangat cocok untuk menu diet sehat yang bisa kamu coba di kemudian hari.

Namun, jangan lupa, sebelum melakukan proses penurunan berat badan dengan cara ini, dianjurkan untuk konsultasi terlebih dulu ke dokter. Pasalnya, setiap orang memiliki efek yang berbeda-beda ketika mengkonsumsi sereh ini.

Artikel lainnya:  7 Makanan Pilihan Pengganti Nasi saat Diet

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button