5 Manfaat Teh Hitam untuk Diet Sehat

Manfaat teh hitam untuk diet – teh hitam yang merupakan salah satu jenis teh sangat populer dan banyak diminati masyarakat Indonesia. Umumnya teh hitam dihidangkan sebagai minuman hangat atau dingin untuk menemani makan malam. Sejak dulu, teh hitam sudah digemari banyak orang karena rasa dan aromanya yang khas.

Teh hitam yang paling sering kita temui berasal dari daun Camellia Sinensis yang dipetik dan kemudian digulung. Seiring waktu warnanya akan berubah menjadi coklat kemerahan karena proses oksidasi. Setelah itu daun Camellia dikeringkan.

Ada yang menikmatinya dengan langsung menyeduhnya dengan air panas, namun yang paling sering dijual adalah dalam bentuk yang sudah dikemas. Selain aroma dan rasanya yang khas, manfaat teh hitam juga dikenal mampu membantu menurunkan berat badan, serta memiliki segudang khasiat kesehatan lainnya.

5 Manfaat Teh Hitam untuk Diet

Teh hitam mengandung berbagai zat yang berguna untuk menurunkan berat badan, sehingga jenis teh yang satu ini cukup sering disarankan untuk diminum secara rutin selama program konsumsi menu diet sehat.

Berikut 5 manfaat teh hitam untuk diet.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Teh mengandung zat kafein yang berguna untuk meningkatkan metabolisme. Untuk memicu metabolisme dibutuhkan 50 mg kafein. Sedangkan dalam secangkir terdapat setidaknya 50-80 mg kafein. Zat ini akan bekerja dengan baik apabila diminum selambat-lambatnya satu jam sebelum makan.

  • Mengurangi konsumsi terhadap kalori

Seperti air putih, teh hitam pun bebas dari kalori. Selain itu rasanya lebih nikmat dibanding air putih, bisa menjadi alternatif tiap kali Anda merasa ingin minum jus atau soda yang jelas berkalori tinggi.

  • Menurunkan berat badan

Konsumsi teh hitam secara rutin terbukti dapat menurunkan berat badan, karena kandungan polifenol pada teh hitam mampu membakar lemak lebih intens dibanding sebelumnya. Ini menjadi salah satu alasan manfaat teh hitam untuk diet benar adanya dan masih sering digunakan dalam program diet.

  • Sebagai prebiotik

Teh hitam dianggap sebagai prebiotik yang berguna untuk memperlancar sistem pencernaan. Molekul yang terdapat pada teh ini dapat mengembangkan mikroorganisme baru dalam microbioma, sehingga usus dapat bekerja lebih baik lagi kedepannya.

  • Perut terasa kenyang lebih lama

Konsumsi teh hitam yang benar dan disarankan adalah sesaat sebelum mulai makan. Dengan minum teh hitam dalam jumlah tertentu sebelum makan, akan membuat Anda lebih kenyang duluan. Nafsu makan Anda pun jadi berkurang dan perut bertahan lebih lama dari kelaparan.

Tips konsumsi teh hitam yang benar

Walau cara mengonsumsi teh hitam sudah lazim diketahui semua orang, namun ternyata ada beberapa tips penyeduhan dan cara konsumsi teh hitam yang benar untuk memaksimalkan program diet  Anda. Berikut tipsnya.

  • Penyajian

Teh hitam disarankan untuk diseduh dalam wadah non-logam, seperti gelas keramik atau teko. Ini dimaksudkan agar aroma teh tetap terjaga dan tidak mengalami kerusakan. Ambil daun teh hitam sebanyak 1 sendok, kemudian seduh dengan air panas mendidih secukupnya. Putar wadah agar penyeduhan jadi lebih merata. Diamkan selama 3 menit, kemudian saring. Teh siap disajikan. Tambahan gula atau madu dapat membuat rasa teh hitam jadi lebih nikmat.

  • Waktu terbaik konsumsi

Teh hitam bekerja baik dalam membakar lemak, jika dikonsumsi setidaknya satu jam sebelum makan. Dengan begitu, proses pencernaan Anda nantinya akan bekerja lebih cepat. Disarankan juga untuk meminumnya secara rutin setiap hari, namun tidak berlebihan. Diiringi pula dengan olahraga yang teratur dan pola diet yang sehat. Tidak sulit bukan?

Artikel lainnya:  7 Manfaat Buah Plum Merah untuk Diet Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button