Anti Gagal, Inilah Menu Diet Sehat yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Punya badan yang proporsional tentu merupakan impian banyak orang. Tak heran kalau segala macam cara dilakukan. Mulai dari nge-gym dan olahraga secara rutin, konsumsi makanan sehat, hingga melakukan diet. Nah, ngomong-ngomong tentang diet, ada banyak sekali lho cara berdiet yang menjadi tren saat ini. Dari beragam diet tersebut, hampir semuanya punya menu diet sehat andalan yang sudah di-planning akan dikonsumsi dalam waktu tertentu.

Menu diet sehat ini tentu berisi daftar makanan dengan gizi seimbang serta kadar yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh setiap harinya. Agar diet berhasil, menu diet sehat haruslah mengandung nutrisi esensial (nutrisi yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh). Apa saja ya kira-kira makanan yang bisa dijadikan menu diet sehat? Yuk, simak dalam ulasan berikut ini!

Diet itu bukan hanya semata menurunkan berat badan

Diet kerap diartikan sebagai salah satu upaya untuk menurunkan berat badan. Bisa dengan cara mengurangi porsi makan, atau mengganti nasi dengan makanan lain yang lebih sehat. Hal inilah yang membuat diet disandingkan dengan orang-orang yang punya badan gemuk dan ingin kurus saja.

Padahal, diet ini bukan hanya semata-mata untuk mengurangi berat badan lho. Diet sendiri merupakan kata dari bahasa Inggris yang artinya ‘makanan yang bisa dimakan’. Kata ‘diet’ dalam bahasa Yunani kuno artinya ‘cara hidup’.

Maka dari itu, diet secara makna asli adalah kebiasaan makanan yang kemudian menjadi gaya hidup. Contohnya, jika selama ini kamu gemar makanan yang manis, maka kamu disebut diet tinggi gula. Apabila selama ini kamu banyak makan sayur dan buah, maka kamu sedang melakukan diet tinggi serat.

Diet juga berarti menerapkan pola makan gizi yang seimbang. Diet ini dijalankan sesuai dengan keinginan setiap individu, bisa jadi mereka memang ingin mendapatkan tubuh yang lebih kurus, ingin menjaga kesehatan, menaikkan berat badan, hingga kembali memulihkan kesehatan setelah sakit.

Oleh karena itu, dengan pengertian diet di atas, diet bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan bayi juga bisa berdiet. Hanya saja, cara diet ini harus sehat. Pola makan yang baik (gizi seimbang) bisa membantu organ tubuh bekerja lebih efisien. Dengan mengonsumsi menu diet sehat, kamu bisa membantu tercukupinya nutrisi serta membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Menu diet sehat

Aturan yang harus dipatuhi selama diet sehat

Dalam upaya berdiet sehat, ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi. Apabila beberapa aturan berikut kamu lakukan dengan baik, diet kamu akan berhasil. Ditambah, diet tersebut akan membantu kamu terhindar dari berbagai macam penyakit kronis.

  • Memilih menu diet sehat yang tepat

Jika selama ini kamu sering konsumsi makanan yang berminyak, asin, serta berlemak, maka kamu harus menukar menu tersebut dengan makanan yang lebih sehat. Yap, pemilihan makanan yang tepat akan menjadi pendukung utama suksesnya diet kamu. Untuk memulai diet, mulailah dengan makanan seperti sayur, buah segar, kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, ikan, serta makanan kaya pati resisten. Hindari makan gorengan atau terlalu banyak konsumsi junk food selama diet, karena makanan tersebut bisa membuat usahamu sia-sia.

  • Mengatur porsi makan

Dalam setiap makanan ada nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, tinggal kamu atur porsinya dengan baik. Diet bukan berarti memangkas porsi makan sebanyak mungkin, akan tetapi mencukupi kebutuhan kalori setiap harinya. Perlu kamu ingat bahwa kalori tetap dibutuhkan agar fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik.

Lalu, bagaimana cara menghitung kalori selama diet? Kebutuhan akan kalori setiap orang berbeda-beda, idealnya kamu perlu mengurangi 500 kalori per hari. Demi suksesnya diet kamu, kebutuhan zat gizi harus terlengkapi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, mineral, serta vitamin. Jangan lupa, di sela-sela makan, kamu bisa menyelipkan cemilan berupa buah-buahan.

  • Kurangi konsumsi gula dan garam

Nah, selain porsi yang tepat kamu juga harus membatasi konsumsi gula, garam, lemak trans, serta minyak. Sekilas mungkin memang sepele, namun keberadaan gula, garam, lemak dan minyak sangat berpengaruh terhadap suksesnya diet. Selain itu, mengurangi konsumsi empat elemen di atas juga bisa menjamin kesehatan jangka panjang. Segala jenis makanan yang tinggi kandungan gula, garam, lemak serta minyaknya akan membawa kalori tinggi.

Kalori inilah yang menjadi sumber utama datangnya berbagai penyakit, mulai dari jantung, kolesterol, diabetes, hipertensi, hingga stroke. Jadi, bagi yang masih suka makan makanan yang tinggi kandungan gula, garam, lemak dan minyaknya, kurang-kurangin deh ya~

  • Olahraga itu perlu, guys!

Setelah menerapkan pola makan yang sehat, kamu juga bisa mengimbanginya dengan banyak bergerak atau berolahraga. Tidak harus pergi ke gym, kamu bisa jogging setiap pagi dan sore. Jika ingin di rumah saja, kamu bisa mengikuti berbagai macam tutorial zumba atau aerobik yang ada di YouTube. Semakin banyak kamu bergerak, maka tubuh akan semakin sehat.

Menu Diet sehat menurun berat badan

Menu diet harian untuk orang dewasa

Selain punya nilai gizi lengkap, menu diet haruslah mempunyai kalori yang cukup. Untuk orang dewasa, dalam satu hari setidaknya membutuhkan 2000 kalori, agar tetap segar selama beraktivitas. Berikut ini menu yang mengandung kurang lebih 2000 kalori (mencakup makan pagi, siang, dan malam).

  • Menu sarapan

Untuk sarapan, kamu bisa memulai dengan konsumsi sereal atau oatmeal dengan sedikit kismis dan susu rendah lemak. Di samping sereal, kamu bisa menambahkan sepotong roti dari biji-bijian utuh dengan olesan selai atau margarin. Sedangkan buahnya, kamu bisa memakan satu pisang berukuran kecil. Sebagai pelengkap, sediakan jus jeruk sebanyak 250 ml atau susu rendah lemak sebanyak 120 ml.

  • Menu makan siang

Sedangkan makan siang, kamu bisa mengganti nasi dengan roti isi yang terbuat dari biji-bijian utuh (whole grain), selada, ayam, jamur, serta saus mustard. Kamu juga bisa menambah kentang rebus sebanyak 200 gram. Menu ini bisa membuat kamu kenyang lebih lama kok.

  • Makan malam

Untuk makan malam, kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Ditambah satu mangkuk sayuran. Untuk minuman kamu bisa memilih teh lemon sebanyak 250 ml. Jika tidak ingin memakan nasi, kamu bisa mencoba variasi salmon yang dipanggang (dicampur dengan taburan seledri dan bawang) sebanyak 140 gram. Sajikan dengan nasi, brokoli kukus. Untuk minuman, kamu bisa menyempurnakan dengan susu rendah lemak sebanyak 250 ml.

  • Camilan

Camilan ini haruslah makanan yang sehat dan bisa melengkapi menu yang sudah ada di atas. Kamu bisa memakan buah-buahan segar, salad, atau buah yang dicampur dengan yoghurt rendah lemak.

Namun, menu-menu di atas sewaktu-waktu bisa membuat kamu bosan. Kamu bisa variasikan dengan menu makanan lain. Atau sesekali kamu tetap bisa kok konsumsi junk food –di hari atau tanggal tertentu—dan tentunya tidak berlebihan. Karena, konsumsi junk food bisa menyebabkan tumpukan kalori di dalam tubuh, sehingga diet yang sudah kamu usahakan sia-sia begitu saja.

Artikel lainnya:  7 Manfaat Buah Plum Merah untuk Diet Sehat

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button