7 Makanan Pilihan Pengganti Nasi saat Diet

Pengganti Nasi saat Diet

Untuk tampil sempurna, banyak orang yang rela melakukan diet ketat dan menurunkan berat badan, bahkan berani minum ramuan yang diklaim bisa mengurangi bobot badan. Mereka bahkan memilih untuk tidak mengkonsumsi nasi sedikitpun. Padahal, nasi memiliki banyak zat yang dibutuhkan tubuh loh.

Hanya saja, konsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes dan kegemukan karena kadar gula yang tinggi dalam nasi. Pasalnya, nasi memang mudah terserap tubuh sehingga tubuh gampang lapar. Bagi kamu yang lagi menjalankan diet nasi, coba deh 7 makanan pengganti nasi saat diet ini agar tetap mendapat asupan karbohidrat kompleks.

Kentang & Ubi

7 Makanan Pilihan Pengganti Nasi saat Diet

  • Kentang dan ubi jalar juga cocok nih

Panganan umbi-umbian ini sangat mudah sekali ditemui di berbagai daerah, dengan harga yang relatif terjangkau. Kentang sendiri memiliki kadar karbohidrat serupa nasi dan kandungan pati resisten yang tak mudah diserap tubuh. Artinya, saat mengkonsumsi kentang, tubuh akan merasa kenyang lebih lama.

Namun, usahakan kentang diolah dengan cara direbus atau kukus karena proses menggoreng hanya akan menambah kadar lemak untuk menyumbang kegemukan. Nah, ubi jalar juga punya kandungan serat tinggi dengan kandungan 100 gram kalori, 25 gram karbohidrat, dan vitamin A. Ubi juga bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes dan menyehatkan jantung.

  • Sayuran murah seperti kembang kol dan brokoli

Kedua jenis sayuran ini punya serat tinggi dan juga kandungan antioksidan. Kembang kol sebagai pengganti nasi harus diolah dengan cara disangrai atau dikukus. Terdapat kandungan lain yang baik dalam kembang kol, seperti beta-cryptoxanthin, vitamin C dan E, serta vitamin K.

Sementara itu, sayuran hijau brokoli ternyata membuat perut kenyang lebih lama. Sayuran ini memiliki kandungan kalsium dan vitamin C yang membantu melancarkan metabolisme tubuh dan kandungan rendah kalori yang cocok untuk menggantikan nasi.

  • Variasi beras merah dan oatmeal

Beras Merah sejak lama memang menjadi panganan yang sering dikonsumsi para pelaku diet. Beras merah punya kandungan serat lebih tinggi, antioksidan, dan juga sumber karbohidrat kompleks . Berbanding terbalik, beras merah tinggi serat dan rendah gula dibanding nasi putih.

Oatmeal juga bisa jadi referensi pengganti nasi yang membuat tubuh kenyang lebih lama. Faktanya, oatmeal mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh dan juga mengontrol kadar gula darah. Namun, hati-hati dengan pilihan campuran oatmeal. Alih-alih menambahkan rasa manis berlebihan dalam oatmeal, buah bisa menjadi pilihan campuran tepat.

  • Singkong

Ada yang suka jajanan lawas berbahan dasar singkong? Ada getuk lindri, sawut, dan masih banyak lainnya. Eits, namun dilarang menjadikan jajanan tersebut sebagai pengganti nasi saat diet. Singkong punya kandungan gizi serupa kentang sehingga bisa dijadikan alternatif diet.

Makanan yang banyak ditemui di perkebunan ini juga dipercaya mampu mengobati sepsis, dehidrasi, kelelahan, dan menginduksi persalinan. Namun, singkong harus dibersihkan saat akan diolah karena terdapat kandungan sianida yang beracun pada singkong.

Wah gimana guys? Murah dan mudah kan! Meskipun melakukan diet nasi, cobalah untuk tetap mengkonsumsi nasi sehari sekali dalam jumlah yang lebih sedikit. Meninggalkan pola konsumsi nasi tanpa bertahap justru bisa merusak sistem dalam tubuh kita.

Selain itu, pola panganan pengganti nasi saat diet harus tetap diperhatikan kadarnya. Jangan sampai terlena dengan satu jenis panganan yang justru membuat tubuh lemas karena kekurangan gizi seimbang. Selamat menjalankan diet sehat kawan!

Artikel lainnya:  7 Manfaat Nanas untuk Diet, Dijamin Sehat dan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button