Badan Mudah Lelah, Coba Terapkan 6 Pola Makan Sehat Ini

Seringkali kita mengeluhkan kondisi tubuh yang mudah lelah atau bahkan gampang terserang penyakit. Mungkin, salah satu penyebabnya adalah kamu tidak menjalani pola makan sehat yang tepat. Contohnya, sering konsumsi junk food, konsumsi minuman berwarna, bahkan sering memakan makanan berlemak. Nah, ada baiknya kamu menerapkan pola makan sehat mulai saat ini. Tak usah muluk-muluk, coba saja dari mulai menerapkan 6 pola makan ini!

Pola makan sehat

1. Mencukupi asupan protein dan karbohidrat komplek

Makanan berprotein bisa kamu dapatkan dari telur, daging tanpa lemak, brokoli, susu, oatmeal, dan beberapa makanan laut seperti udang dan ikan. Mengkonsumsi protein dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Alih alih melakukan diet ketat, protein justru mampu menambah massa otot dan membakar lemak. Protein juga berfungsi untuk pembentukan hormon, kulit, otot, dan hampir semua sel jaringan sistem organ. Sementara, karbohidrat komplek bisa ditemukan pada roti, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi, pasta, pisang, wortel, dan apel. Karbohidrat komplek berperan sebagai sumber energi karena mengandung vitamin, mineral, dan serat.

2. Hindari berlebihan dalam memakai bumbu penyedap

Acap kali kita menambah banyak penyedap dalam masakan agar terasa lezat sempurna. Bukan sehat yang didapat, justru penyakit yang melekat. Penggunaan MSG berlebihan tidak dianjurkan oleh ahli gizi karena dapat menimbulkan penyakit serius. Penggunaan dalam jangka panjang menyebabkan munculnya bermacam penyakit , seperti asma, obesitas, kerusakan sel saraf, hipertensi, depresi, kerusakan ginjal, dan kerusakan sel. Ingat guys, nikmat itu sesaat, tapi sehat itu selamanya.

Artikel lainnya:  Berikut Cara Mengatur Pola Makan Saat Diet

pola makan sehat

3. Gizi seimbang itu penting, namun….

Memenuhi kebutuhan gizi seimbang itu harus, tapi kalau berlebihan jatuhnya jadi gak baik. Sesuatu yang berlebihan meskipun baik rupanya bisa menyebabkan efek buruk juga loh, seperti terjadinya obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Karena, pada dasarnya tubuh mempunyai batasan porsi tertentu untuk mengolah semua makanan yang kita konsumsi. Saat kebutuhan gizi berlebihan dari standar kebutuhan tubuh, maka sisa gizi lainnya bisa menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit.

4. Perbanyak minum air putih

Selain nutrisi, tubuh juga membutuhkan cairan dari minuman. Dari berbagai olahan minuman, air putih adalah asupan cairan terbaik yang mudah untuk didapatkan. Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari cairan. Mengkonsumsi air putih sebanyak minimal 8 gelas per hari dapat menjaga asupan cairan selama sehari. Jika bosan dengan minum air putih seharian, kamu bisa memvariasi dengan olahan jus sayur atau buah

5. Makan tepat waktu dan hindari zat pewarna buatan

Ternyata makan di waktu yang sama setiap hari dapat menjadi alarm bagi sistem pencernaan manusia loh. Banyaknya variasi makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa diproses dengan tepat sehingga tidak menumpuk. Itulah mengapa orang tua dahulu sering meminta anaknya untuk makan tepat waktu di jam yang sama. Selain makan tepat waktu, makanan dengan berbagai variasi warna sebaiknya dihindari karena mengandung zat-zat kimia tak baik. Lebih baik konsumsi makanan dengan warna bening alami atau warna yang berasal dari bahan tersebut alias bukan pewarna buatan.

6. Konsumsi lemak baik dan hindari makanan tinggi lemak

Lemak memiliki banyak manfaat, seperti pelindung organ dan sumber penghangat bagi tubuh. Namun, makanan dengan lemak tinggi justru meningkatkan risiko berbagai macam penyakit berbahaya. Lemak sehat yang direkomendasikan antara 44 – 77 gram per hari. Kamu bisa mendapat pilihan lemak baik dari konsumsi kacang almond, minyak sayur, ikan salmon, tahu, dan kacang kedelai. Sementara lemak jahat muncul saat makanan diolah dengan santan, mentega, atau margarin.

Artikel lainnya:  6 Kebiasaan Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun

Lelah memang kondisi tubuh yang wajar dialami oleh setiap orang. Tapi jika lelah datang terus menerus, padahal sedang tidak melakukan kegiatan berat bisa jadi tanda daya tahan tubuh menurun. Oleh karenanya, beralihlah pada pola makan sehat yang telah disebutkan di atas. Semangat hidup sehat guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button